Studi Hadist Kependidikan
Dalam Membahas
Keutamaan Orang Yang berilmu
BAB I
PENDAHULUAN
الحمد
لله الذي أرشد الي طاعته وزجرنا عن معصيته واشهد أن لااله الإ الله اقرارا
بوحدنيته وأشهد أن محمدا رسول الله اعترافا بنبويته والصلاة و السلام علي من ارسله
الله لإرشاد العباد وعلي اله وصحبه المهتدين الي سبيل الرشاد
Puji syukur kehadirat ilahi rabbi seru sekalian alam yang
telah melimpahkan ilmu yang tiada batas kepada manusia melalui
peristiwa-peristiwa sunnatullah dalam
penciptaan alam. Dengan ilmu yang kita miliki menjadikan suatu perbedaan kita
diantara makhluq-makhluq Allah, sehingga kita memiliki derajat yang tinggi
disisiNya. Dengan ilmu pula, kita mampu memilah dan memilih hal-hal yang baik
dan tidak baik. Solatuhu wa salamuhu semoga selalu tercurahkan kepada sang
revolusioner zaman nabi agung Muhammad S.A.W yang telah membimbing kita dalam
mengamalkan risalah kenabian sehingga sampai detik ini kitabisa menikmati dan
mengamalkannya. Teriring harapan semoga kita termasuk golongan umat beliau yang
akan mendapat syafa’atnya. Amin.
Hadist atau sunnah Nabi SAW dalam pandangan umat islam
merupakan salah satu sumber ajaran islam. Secara struktural ia menduduki posisi
kedua setelah al-Qur’an. Sedangkan secara fungsional ia merupakan bayan
(penjelas) terhadap al-Qur’an. Ini artinya ia mempunyai posisi yang sangat
signifikan dan strategis. Oleh sebab itu, kita sangat berkepentingan untuk
menggali butir-butir ajaran islam yang terdapat dalam hadist-hadist. Terutama
menggali hadist kemudian ditarik kesimpulan dari segi ketabiyahannya atau
kependidikannya. Jarang sekali kita menganalisa sisi ketarbiyahan atau kependidikan
hadist – hadist nabi. Dalam penyusunan
makalah ini, kami memfokuskan study hadist dari sisi ketarbiyahannya disertai
dengan beberapa hal-hal yang berhubungan dengan ilmu hadist yakni takhrij,
asbabun wurud dan syarah hadist.
Dan kami sengaja mengambil hadist nabi dari kitab Riyadus Shalihin karya imam nawawi yang sudah tak asing lagi bagi kita khususnya para kaum sarungan. Untuk lebih jelasnya disini kami akan sedikit menerangkan hadist:
مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَبْتَغِي فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ الله لَهُ طَرِيْقًا اِليَ الجَنَّةِ, وَاِنَّ المَلاَئِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا لِطَالِبِ العِلْمِ رِضًا بِمَا صَنَعَ,
Dan kami sengaja mengambil hadist nabi dari kitab Riyadus Shalihin karya imam nawawi yang sudah tak asing lagi bagi kita khususnya para kaum sarungan. Untuk lebih jelasnya disini kami akan sedikit menerangkan hadist:
مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَبْتَغِي فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ الله لَهُ طَرِيْقًا اِليَ الجَنَّةِ, وَاِنَّ المَلاَئِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا لِطَالِبِ العِلْمِ رِضًا بِمَا صَنَعَ,
“Idza tammal amru bada naqsuhu”dari pepatah
ini, kami menyadari bahwa masih banyak hal-hal yang perlu diperbaiki lagi dalam
penyusunan makalah ini. Karena kami merasa memilki banyak kekurangan dan
keterbatasan. Maka dari itu, kami mohon saran-saran para pembaca untuk meningkatkan kualitas penulisan kami di
kemudian hari. Semoga bermanfaat. Syukron ala husni
ihtimamikum.Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
A.
Hadist
وعن أبي
الدرداء رضي الله عنه قال : سَمِعْتُ رَسُوْلَ الله صلي الله عليه وسلم يَقُوْلُ :
مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَبْتَغِي فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ الله لَهُ طَرِيْقًا اِليَ
الجَنَّةِ, وَاِنَّ المَلاَئِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا لِطَالِبِ العِلْمِ
رِضًا بِمَا صَنَعَ, وَاِنَّ العَالِمَ لَيَسْتَغْفِرُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَمَنْ فِي الأَرْضِ حَتَّي الحِيْتَانُ فِي
المَاءِ, وَفَضْلُ العَالِمِ عَلَي العَابِدِ كَفَضْلِ القَمَرِ عَلَي سَائِرِ
الكَوَاكِبِ, وَاَنَّ العُلَمَاءَ وَرَثَةُ الأَنْبِيَاءَ, وَاِنَّ الأَنْبِيَاءَ
لَمْ يُوَرِّثُوْا دِيْنَارًا وَلاَدِرْهَمًا, اِنَّمَا وَرَّثُوْا العِلْمَ, فَمَنْ
أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ. (رواه أبو داود والترمذي)[1]
Dari Abu Darda’ r.a berkata: “Saya mendengar Rosulullah s.a.w. berkata :
“Barang siapa yang menempuh jalan untuk menuntut ilmu maka Allah memudahkan
baginya jalan ke sorga. Dan sesungguhnya malaikat membentangkan sayapnya untuk
orang yang menuntut ilmu karena ridho dengan apa yang diperbuatnya, dan
bahwasanya penghuni langit dan bumi sampai ikan yang ada dilautan itu
senantiasa memintakan ampun kepada orang yang pandai. Keutamaan orang yang
‘alim terhadap orang yang ‘abid bagaikan keutamaan bulan purnama terhadap
bintang-bintang. Sesungguhnya ulama’ itu adalah pewaris para nabi dan
bahwasanya para nabi tidak akan mewariskan dinar ataupun dirham (kekayaan
duniawi) tetapi para nabi mewariskan ilmu pengetahuan, maka barang siapa yang
menuntut ilmu maka ia telah mengambil bagian yang sempurna. (Riwayat Abu Daud At Turmudzy)
B.
Biografi
Rowi
Nama
lengkapnya adalah Uwaimir bin Zaid bin Qais, seorang sahabat perawi hadist dari
Anshar, dari kabilah Khajraj, ia hapal al-Quran dari Rasulullah Shallallahu
alaihi wassalam. Dalam perang Uhud Rasulullah bersabda mengenai dirinya “
Prajurit berkuda paling baik adalah Uwaimir” Beliau ini dipersaudarakan oleh
Rasulullah dengan Salman Al Farisi. Dia mengikuti semua peperangan yang terjadi
setelah perang Uhud. Pada masa pemerintahan Khalifah Utsman, Abu Darda’
diangkat menjadi Hakim di daerah Syam, Ia adalah mufti (pemberi fatwa) penduduk
Syam dan ahli Fiqh penduduk Palestina. Ia meriwayatkan hadits dari Sayyidah
Aisyah dan Zaid bin Tsabit, sedangkan yang meriwayatkan darinya ialah anaknya
sendiri Bilal dan istrinya Ummu Darda’. Hadits yang dia riwayatkan mencapai 179
hadits. Tentang dia Masruq berkata:” Aku mendapatkan ilmu Rasulullah
Shallallahu alaihi wassalam pada enam orang diantaranya dari Abu Darda“.
Beliau
adalah seorang yang zuhud (orang yang lebih mementingkan akhirat daripada
dunia), dibawah ini adalah contohnya :
* Di waktu
beliau sedang sakit, datanglah beliau untuk menjenguk. Ketika itu beliau sedang
terbaring ditempat tidur. Lalu sahabat beliau menawarkan agar alas beliau
diganti dengan kasur. Abu darda menjawab dengan isyarat telinjuknya :”Kampung
kita yang disana, untuk itulah kita siapkan bekal, ke sanalah kita kembali.
Kita akanberangkat kesana dan kita beramal untuk persiapan kita disana.”
* Yazid anak khalifah Muawiyah pernah melamar anak perempuannya, tapi ditolaknya. kemudian anaknya dilamar oleh seorang muslim shaleh, yang miskin, tapi diterimanya. Abu Darda’ lebih mengutamakan kesucian batin daripada kesucian lahir. Pada masa Khalifah Usman, beliau pernah jadi hakim di Syiria. Demikianlah riwayat hidup ringkas sahabat Abu darda yang wafat di Damaskus pada tahun 32 H.[2]
* Yazid anak khalifah Muawiyah pernah melamar anak perempuannya, tapi ditolaknya. kemudian anaknya dilamar oleh seorang muslim shaleh, yang miskin, tapi diterimanya. Abu Darda’ lebih mengutamakan kesucian batin daripada kesucian lahir. Pada masa Khalifah Usman, beliau pernah jadi hakim di Syiria. Demikianlah riwayat hidup ringkas sahabat Abu darda yang wafat di Damaskus pada tahun 32 H.[2]
C.
Takhrij
Hadist
-
حدثنا محمود بن خداش البغدادي حدثنا محمد بن يزيد الواسطي حدثنا عاصم
بن رجاء بن حيوة عن قيس بن كثير قال : قدم رجل من المدينة على أبي الدرداء وهو
بدمشق فقال ما أقدمك يا أخي ؟ فقال حديث بلغني أنك تحدثه عن رسول الله صلى الله
عليه و سلم قال أماجئت لحاجة ؟ قال لا قال أما قدمت لتجارة ؟ قال لا قال ما جئت
إلا في طلب هذا الحديث ؟ قال فإني سمعت رسول الله صلى الله عليه و سلم يقول من سلك
طريقا يبتغي فيه علما سلك الله له طريقا إلى الجنة وإن الملائكة لتضع أجنحتها رضاء
لطالب العلم وإن العالم ليستغفر له من في السموات ومن في الأرض حتى الحيتان في
الماء وفضل العالم على العابد كفضل القمر على سائر الكواب إن العلماء ورثة
الأنبياء إن الأنبياء لم يورثوا دينارا ولا درهما إنما ورثوا العلم فمن أخذ به أخذ
بحظ وافر
قال أبو عيسى ولا نعرف هذا الحديث إلا من حديث
عاصم بن رجاء بن حيوة وليس هو عندي بمتصل هكذا حدثنا محمود بن خداش بهذا الاسناد
وإنما يروي هذا الحديث عن عاصم بن رجاء بن حيوة
عن الوليد بن جميل عن كثير بن قيس عن أبي الدرداء عن النبي صلى الله عليه و سلم
وهذا أصح من حديث محمود ابن خداش ورأي محمد بن إسماعيل هذا أصح
قال الشيخ الألباني : صحيح[3]
-
حَدَّثَنَا مُسَدَّدُ بْنُ مُسَرْهَدٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ
بْنُ دَاوُدَ سَمِعْتُ عَاصِمَ بْنَ رَجَاءِ بْنِ حَيْوَةَ يُحَدِّثُ عَنْ دَاوُدَ
بْنِ جَمِيلٍ عَنْ كَثِيرِ بْنِ قَيْسٍ قَالَ كُنْتُ جَالِسًا مَعَ أَبِى
الدَّرْدَاءِ فِى مَسْجِدِ دِمَشْقَ فَجَاءَهُ رَجُلٌ فَقَالَ يَا أَبَا
الدَّرْدَاءِ إِنِّى جِئْتُكَ مِنْ مَدِينَةِ الرَّسُولِ -صلى الله عليه وسلم-
لِحَدِيثٍ بَلَغَنِى أَنَّكَ تُحَدِّثُهُ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه
وسلم- مَا جِئْتُ لِحَاجَةٍ. قَالَ فَإِنِّى سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله
عليه وسلم- يَقُولُ « مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَطْلُبُ فِيهِ عِلْمًا سَلَكَ اللَّهُ
بِهِ طَرِيقًا مِنْ طُرُقِ الْجَنَّةِ وَإِنَّ الْمَلاَئِكَةَ لَتَضَعُ
أَجْنِحَتَهَا رِضًا لِطَالِبِ الْعِلْمِ وَإِنَّ الْعَالِمَ لَيَسْتَغْفِرُ لَهُ
مَنْ فِى السَّمَوَاتِ وَمَنْ فِى الأَرْضِ وَالْحِيتَانُ فِى جَوْفِ الْمَاءِ
وَإِنَّ فَضْلَ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ
الْبَدْرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ وَإِنَّ الْعُلَمَاءَ وَرَثَةُ
الأَنْبِيَاءِ وَإِنَّ الأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلاَ دِرْهَمًا
وَرَّثُوا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ ».[4]
-
حدثنا نصر بن علي الجهضمي . حدثنا عبد الله بن داود عن عاصم بن رجاء
بن حيوة عن داود بن جميل عن كثير بن قيس قال : - كنت جالسا عند أبي الدرداء في
مسجد دمشق . فأتاه رجل فقال يا أبا الدرداء أتيتك من المدينة مدينة رسول الله صلى
الله عليه و سلم لحديث بلغني أنك تحديث به عن النبي صلى الله عليه و سلم . قال فما
جاء بك تجارة ؟ قال لا . قال لا . قال ولا جاء بك غيره ؟ قال لا . قال فإني سمعت
رسول الله صلى الله عليه و سلم يقول ( من سلك طريقا يلتمس فيه علما سهل الله له به
طريقا إلى الجنة . وإن الملائكة لتضع أجنحتها رضا لطالب العلم . وإن طالب العلم
يستغفر له من في السماء والأرض . حتى الحيتان في الماء . وإن فضل العالم على
العابد كفضل القمر على سائر الكواكب . أن العلماء ورثة الأنبياء لم يورثوا دينارا
ولا درهما . إنما ورثوا العلم . فمن أخذه أخذ بحظ وافر )[5]
D.
Asbabul wurud
حدثنا محمود بن خداش
البغدادي حدثنا محمد بن يزيد الواسطي حدثنا عاصم بن رجاء بن حيوة عن قيس بن كثير
قال : قدم رجل من المدينة على أبي الدرداء وهو بدمشق فقال ما أقدمك يا أخي ؟ فقال
حديث بلغني أنك تحدثه عن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال أماجئت لحاجة ؟ قال لا
قال أما قدمت لتجارة ؟ قال لا قال ما جئت إلا في طلب هذا الحديث ؟ قال فإني سمعت
رسول الله صلى الله عليه و سلم يقول من سلك طريقا يبتغي فيه علما سلك الله له
طريقا إلى الجنة وإن الملائكة لتضع أجنحتها رضاء لطالب العلم وإن العالم ليستغفر
له من في السموات ومن في الأرض حتى الحيتان في الماء وفضل العالم على العابد كفضل
القمر على سائر الكواب إن العلماء ورثة الأنبياء إن الأنبياء لم يورثوا دينارا ولا
درهما إنما ورثوا العلم فمن أخذ به أخذ بحظ وافر.
Qois bin katsir
berkata: telah datang seorang laki-laki dari kota Madinah pada Abu darda’yang
berada di dimaskus. Abu darda’ bertanya: “ wahai saudaraku, gerangan apa yang
membuatmu datang kepadaku?” Laki-laki itu menjawab; “sebuah hadist yang
membuatku datang kepadamu bahwa engkau telah mendapatkan hadist dari
rosulullah”. Abu darda’ bertanya lagi; “apakah kamu datang untuk suatu hajat?”.
Dia menjawab, “tidak”. Ataukah kamu datang untuk bergadang?. Sekali lagi dia
menjawab, “tidak”. Apakah kamu datang hanya untuk mencari hadist ini? Kemudian
abu darda’ berkata: bahwasanya “Saya mendengar Rosulullah s.a.w. berkata : “Barang siapa yang
menempuh jalan untuk menuntut ilmu maka Allah memudahkan baginya jalan ke
sorga. Dan sesungguhnya malaikat membentangkan sayapnya untuk orang yang menuntut
ilmu karena ridho dengan apa yang diperbuatnya, dan bahwasanya penghuni langit
dan bumi sampai ikan yang ada dilautan itu senantiasa memintakan ampun kepada
orang yang pandai. Keutamaan orang yang ‘alim terhadap orang
yang ‘abid bagaikan keutamaan bulan purnama terhadap bintang-bintang.
Sesungguhnya ulama’ itu adalah pewaris para nabi dan bahwasanya para nabi tidak
akan mewariskan dinar ataupun dirham
(kekayaan duniawi) tetapi para nabi mewariskan ilmu pengetahuan, maka barang
siapa yang menuntut ilmu maka ia telah mengambil bagian yang sempurna[6]
E.
Syarah
Hadist
Hadist ini menunjukkan bahwa orang yang mencari ilmu
dalam kebaikaan yang agung, bagi Mereka yang memperbaiki niatnya dalam mencari
ilmu berada pada jalan keselamatan dan kebahagiaan yakni hanya berharap kepada
Allah, bertujuan untuk mengamalkan ilmu tidak untuk riya’ dan sam’ah atau untuk
tujuan-tujuan yang lain sekiranya buruk.
Mempelajari ilmu untuk mengetahui agama, mengetahui
perkara yang telah diwajibkan oleh Allah serta berusaha untuk mengeluarkan masyarakat dari kedhaliman
menuju kebenaran. Semua jalan yang ditempuh untuk mencari ilmu adalah jalan
menuju surga baik jalan yang sifatnya hissi (bisa diindra) ataupun yang
sifatnya ma’nawi (non indrawi). Seorang yang mencari ilmu pergi dari satu
negara ke negara yg lain, berpindah dari satu halaqoh ke halaqoh yang lain,
dari masjid ke masjid yang lain dengan tujuan mencari ilmu. Semua itu tadi
adalah jalan-jalan untuk mendapatkan ilmu.
Kalimat “jalan untuk menuntut ilmu”
mengandung dua makna, yaitu: pertama, menempuh
jalan untuk menuntut ilmu dalam artian yang sebenarnya, seperti berjalan kaki
menuju majelis-majelis ilmu. Kedua, menempuh
jalan atau cara yang dapat mengantarkan seseorang untuk memperoleh ilmu syar’i,
seperti membaca, menghapal, menela’ah, dan sebagainya. Sedangkan kalimat “Allah memudahkan jalannya menuju Surga”
mengandung dua makna juga, yaitu pertama, Allah
akan memudahkan orang yang menuntut ilmu semata-mata karena mencari keridhaan
Allah, mengambil manfaat, dan mengamalkannya, untuk memasuki Surga-Nya. Dan kedua, Allah akan memudahkan
jalan baginya menuju Surga ketika melewati titian ash-shirathal
mustaqim pada hari Kiamat dan memudahkannya dari berbagai kengerian
pada sebelum dan sesudahnya. [Lihat Jami’ul
‘Ulum wal Hikam (II/297, Qawa’id wa
Fawa’id minal Arba’in An-Nawawiyyah (hal. 316-317), dan Menuntut Ilmu Jalan Menuju Surga
(hal. 8-9)]
Jalan menuju
Surga yang diperuntukkan bagi para penuntut ilmu ini merupakan ganjaran dari
Allah akibat usaha yang pernah ditempuhnya selama di dunia untuk mencari ilmu
yang akan mengantarkannya kepada ridha Rabbnya. Sedangkan para Malaikat yang
membentangkan sayap-sayapnya merupakan suatu bentuk kerendahan hati,
penghormatan, dan pengagungan mereka kepada para penyandang dan para pencari
martabat pewaris kenabian ini. Sementara
permohonan ampun yang dilakukan oleh para penghuni langit dan bumi untuk orang
yang berilmu, disebabkan karena upaya mereka untuk mengajarkan hak-hak makhluk
hidup yang telah diciptakan Allah ‘Azza wa
Jalla. Dan upaya ini tidak mungkin terwujud kecuali dengan ilmu.
[Lihat Bahjatun Nazhirin
(II/469-470) dan Syarah Riyadhush Shalihin
Terjemah (IV/301-302)][7]
F. Tahlil Lafdzi
)من سلك ) : أي دخل أو
مشى ( يَبْتَغِي فِيهِ( أَيْ
قَرِيبًا أَوْ بَعِيدً (( عِلْمًا (أَيَّ عِلْمٍ
كَانَ مِنْ عُلُومِ الدِّينِ قَلِيلًا أَوْ كَثِيرًا رَفِيعًا أَوْ غَيْرَ رَفِيعٍ(
لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا ) جَمْعُ جَنَاح
جَمْعُ
الْحُوتِ خُصَّ لِدَفْعِ إِيهَامِ أَنَّ مَنْ فِي الْأَرْضِ لَا يَشْمَلُ مَنْ فِي
الْبَحْرِ كَذَا قِيلَ (
حَتَّى الْحِيتَانُ )
(lafadz ini dikhususkan
untuk menolak kesalah fahaman bahwa segala makhluq yang ada di bumi tidak akan
bisa mampu meliputi makhluq allah yang ada didalam dasar laut).
( وَفَضْلُ
الْعَالِمِ ) أَيْ
الْغَالِبُ عَلَيْهِ الْعِلْمُ وَهُوَ الَّذِي يَقُومُ بِنَشْرِ الْعِلْمِ بَعْدَ
أَدَائِهِ مَا تَوَجَّهَ إِلَيْهِ مِنْ الْفَرَائِضِ وَالسُّنَنِ الْمُؤَكَّدَةِ
(Orang yang berilmu
adalah mereka yang berjuang menyebarkan ilmu setelah melaksanakan ilmu yang ia peroleh diantara yakni, mengerjakan
fardhu-fardhu dan sunnah-sunnah muakkad).
( عَلَى
الْعَابِدِ ) أَيْ الْغَالِبِ عَلَيْهِ الْعِبَادَةُ وَهُوَ الَّذِي
يَصْرِفُ أَوْقَاتَهُ بِالنَّوَافِلِ مَعَ كَوْنِهِ عَالِمًا بِمَا تَصِحُّ بِهِ
الْعِبَادَةُ
(Orang yang
ahli ibadah yakni mereka yang menghabiskan semua waktunya untuk mengerjakan
ibadah-ibadah sunnah serta mereka mengetahui perkara-perkara yang menyebabkan
sahnya ibadah).
( كَفَضْلِ الْقَمَرِ ) أَيْ
لَيْلَةَ الْبَدْرِ كَمَا فِي رِوَايَةٍ( عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ )
قَالَ الْقَاضِي : شَبَّهَ الْعَالِمَ بِالْقَمَرِ
وَالْعَابِدَ بِالْكَوَاكِبِ لِأَنَّ كَمَالَ الْعِبَادَةِ وَنُورَهَا لَا
يَتَعَدَّى مِنْ الْعَابِدِ وَنُورُ الْعَالِمِ يَتَعَدَّى إِلَى غَيْرِهِ
(Al-qodhi
berkata: orang yang ‘alim diserupakan seperti bulan. Karena, cahayanya orang
yang berilmu /“alim” yang menjalar kepada orang lain Sedang, orang yang ahli
ibadah seperti bintang-bintang, Karena kesempurnaan ibadah dan cahayanya tidak
menjalar kepada orang lain).
( دِينَارًا
وَلَا دِرْهَمًا ) أَيْ شَيْئًا
مِنْ الدُّنْيَا , وَخُصَّا لِأَنَّهُمَا أَغْلَبُ أَنْوَاعِهَا وَذَلِكَ
إِشَارَةٌ إِلَى زَوَالِ الدُّنْيَا وَأَنَّهُمْ لَمْ يَأْخُذُوا مِنْهَا إِلَّا
بِقَدْرِ ضَرُورَتِهِمْ فَلَمْ يُوَرِّثُوا شَيْئًا مِنْهَا لِئَلَّا يُتَوَهَّمَ
أَنَّهُمْ كَانُوا يَطْلُبُونَ شَيْئًا مِنْهَا يُورَثُ عَنْهُمْ
Yakni: harta
dunia
(Lebih
khususnya pada dirham dan dinar karena keduanya inti dari berbagai macamnya
harta dunia. Lafadz diatas menunjukkan akan hilangnya harta dunia. Dan mereka
tidak akan mengambilnya kecuali dalam keadaan membutuhkan. Oleh karnanya, para
nabi tidak mewariskan harta dunia, agar tidak terjadi kesalahfahaman bahwa
mereka para nabi mencari harta dunia dan kemudian mewariskannya).
G.
Fiqhul
Hadist
1. Barang siapa yang menempuh jalan untuk
menuntut ilmu maka Allah memudahkan baginya jalan ke sorga[9]
2. Orang yang
menempuh perjalanan mencari ilmu sama dengan menempuh perjalanan kesurga
3. Orang yang
berilmu/ilmuwan adalah pewaris para Nabi.
4. Lebih utama orang yang berilmu dari pada ahli ibadah
karena orang yang berilmu memberikan manfaat tidak hanya untuk dirinya tapi
juga untuk orang lain. Sebagaimana qoidah المتعدي افضل من القاصر [10]
5. Segala
urusan akan dimudahkan bagi tholabul ilmi
6. Orang yang
mencari ilmu/ berpegangan pada ilmu akan mendapatkan bagian dari warisan para
Nabi itu secara sempurna.
7. Regenerasi
sangat penting dalam dunia pendidikan
8. Ilmu
pengetahuan akan terus berkembang selama manusia mau menuntut ilmu.
9. Jauhnya
jarak mengindikasikan keseriusan seseorang dalam mencari ilmu.
10. Pembelajar
harus senantiasa aktif atau tidak boleh pasif dalam mencari ilmu
11. Lebih baik
berilmu dari pada berharta. Karena, kita yang harus menjaga harta sebaliknya,
ilmu yang akan menjaga kita.
12. Niat seorang
pembelajar sangat mempengaruhi pada keberhasilan dan kemanfaatan ilmu.
13. Orang yang
berilmu selamanya akan dikenang, karena dari mereka segala ilmu akan
ditranformasikan.
14. Penghormatan
yang berbeda antara orang yang berilmu
dan tidak berilmu.
15. Keberhasilan
seseorang dalam pendidikan tidak hanya meliputi ranah Kognitif, afektif,
psikomotor akan tetapi juga berkarakter.
BAB III
PENUTUP
a. Kesimpulan
Hadist ini menunjukkan bahwa orang yang mencari ilmu
dalam kebaikaan yang
besar/agung.bagi Mereka yang memperbaiki
niatnya dalam mencari ilmu berada pada jalan keselamatan dan kebahagiaan yakni
hanya berharap kepada Allah, bertujuan untuk mengamalkan ilmu tidak untuk riya’
dan sam’ah atau untuk tujuan-tujuan yang lain sekiranya buruk.
Jalan menuju
Surga yang diperuntukkan bagi para penuntut ilmu ini merupakan ganjaran dari
Allah akibat usaha yang pernah ditempuhnya selama di dunia untuk mencari ilmu
yang akan mengantarkannya kepada ridha Rabbnya. Sedangkan para Malaikat yang
membentangkan sayap-sayapnya merupakan suatu bentuk kerendahan hati,
penghormatan, dan pengagungan mereka kepada para penyandang dan para pencari
martabat pewaris kenabian ini. Sementara
permohonan ampun yang dilakukan oleh para penghuni langit dan bumi untuk orang
yang berilmu, disebabkan karena upaya mereka untuk mengajarkan hak-hak makhluk
hidup yang telah diciptakan Allah ‘Azza wa Jalla. Dan upaya ini
tidak mungkin terwujud kecuali dengan ilmu.
b. Saran dan Kritik
Alhamdulillah,
berkat taufiq dan hidayahNya penulisan makalah ini telah kami selesaikan. Kami
menyadari bahwa penulisan ini mengalami banyak kekurangan, karena kami masih dalam
tataran ta’alum. Oleh karena itu kami mohon saran jika terdapat kekeliruan
dalam penjelasan makalah ini, demi peningkatan pengetahuan kami sebagai
mahasiswa. Semoga makalah ini dapat
bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi pembaca. Wallahu’alam. . .
Daftar
Pustaka
Kamus
Al-Munawwir,
Riyadus
Sholihin, Imam Abu Zakariya, Yahya bin Syaraf An Nawawy,
Maktabah
Syamilah:
[ سنن
الترمذي ] الكتاب : الجامع
الصحيح سنن الترمذي المؤلف : محمد
بن عيسى أبو عيسى الترمذي السلمي الناشر
: دار إحياء
التراث العربي –
بيروت تحقيق : أحمد
محمد شاكر وآخرون عدد الأجزاء : 5
[ سنن الترمذي ] الكتاب : الجامع الصحيح سنن الترمذي المؤلف
: محمد بن عيسى أبو عيسى الترمذي السلمي الناشر
: دار إحياء التراث العربي – بيروت تحقيق
: أحمد محمد شاكر وآخرون عدد
الأجزاء : 5
)الكتاب : سنن ابن ماجه المؤلف
: محمد بن يزيد أبو عبدالله القزويني الناشر
: دار الفكر – بيروت تحقيق : محمد
فؤاد عبد الباقي عدد الأجزاء : 2(
http://www.yanabi.com/Hadith.aspx?HadithID=15175
من كتاب عون المعبود شرح سنن أبي داود - عن موقع موسوعة الحديث النبوي
من كتاب عون المعبود شرح سنن أبي داود - عن موقع موسوعة الحديث النبوي
[1] Riyadus
Sholihin, Imam Abu Zakariya, Yahya bin Syaraf An Nawawy, Semarang (Toha Putra:
1981) hal 283
[3] Maktabah Syamilah
[ سنن الترمذي ] الكتاب : الجامع الصحيح سنن الترمذي المؤلف : محمد بن عيسى أبو عيسى الترمذي السلمي الناشر : دار إحياء التراث العربي – بيروت تحقيق : أحمد محمد شاكر وآخرون عدد الأجزاء : 5
[ سنن الترمذي ] الكتاب : الجامع الصحيح سنن الترمذي المؤلف : محمد بن عيسى أبو عيسى الترمذي السلمي الناشر : دار إحياء التراث العربي – بيروت تحقيق : أحمد محمد شاكر وآخرون عدد الأجزاء : 5
[4] Maktabah Syamilah
)الكتاب : سنن أبي داود المؤلف : أبو داود سليمان بن الأشعث السجستاني الناشر : دار الكتاب العربي ـ بيروت عدد الأجزاء : 4(
)الكتاب : سنن أبي داود المؤلف : أبو داود سليمان بن الأشعث السجستاني الناشر : دار الكتاب العربي ـ بيروت عدد الأجزاء : 4(
[5]
Maktabah Syamilah
)الكتاب : سنن ابن ماجه المؤلف
: محمد بن يزيد أبو عبدالله القزويني الناشر
: دار الفكر – بيروت تحقيق : محمد
فؤاد عبد الباقي عدد الأجزاء : 2(
[6] Maktabah
Syamilah
[ سنن الترمذي ] الكتاب
: الجامع الصحيح سنن الترمذي المؤلف
: محمد بن عيسى أبو عيسى الترمذي السلمي الناشر
: دار إحياء التراث العربي – بيروت تحقيق
: أحمد محمد شاكر وآخرون عدد
الأجزاء : 5
[8] http://www.yanabi.com/Hadith.aspx?HadithID=15175
من كتاب عون المعبود شرح سنن أبي داود - عن موقع موسوعة الحديث النبوي
من كتاب عون المعبود شرح سنن أبي داود - عن موقع موسوعة الحديث النبوي
[9] Riyadus
Sholihin, Imam Abu Zakariya, Yahya bin Syaraf An Nawawy, Semarang (Toha Putra:
1981) hal 283
[10] http://www.yanabi.com/Hadith.aspx?HadithID=15175
من كتاب عون المعبود شرح سنن أبي داود - عن موقع موسوعة الحديث النبوي
من كتاب عون المعبود شرح سنن أبي داود - عن موقع موسوعة الحديث النبوي
SIP
ReplyDeleteشكرا
ReplyDelete