Wednesday, March 6, 2013

Hadist Tarbiyah


Studi Hadist Kependidikan Dalam Membahas
Keutamaan Orang Yang berilmu

BAB I
PENDAHULUAN
الحمد لله الذي أرشد الي طاعته وزجرنا عن معصيته واشهد أن لااله الإ الله اقرارا بوحدنيته وأشهد أن محمدا رسول الله اعترافا بنبويته والصلاة و السلام علي من ارسله الله لإرشاد العباد وعلي اله وصحبه المهتدين الي سبيل الرشاد
Puji syukur kehadirat ilahi rabbi seru sekalian alam yang telah melimpahkan ilmu yang tiada batas kepada manusia melalui peristiwa-peristiwa  sunnatullah dalam penciptaan alam. Dengan ilmu yang kita miliki menjadikan suatu perbedaan kita diantara makhluq-makhluq Allah, sehingga kita memiliki derajat yang tinggi disisiNya. Dengan ilmu pula, kita mampu memilah dan memilih hal-hal yang baik dan tidak baik. Solatuhu wa salamuhu semoga selalu tercurahkan kepada sang revolusioner zaman nabi agung Muhammad S.A.W yang telah membimbing kita dalam mengamalkan risalah kenabian sehingga sampai detik ini kitabisa menikmati dan mengamalkannya. Teriring harapan semoga kita termasuk golongan umat beliau yang akan mendapat syafa’atnya. Amin.
Hadist atau sunnah Nabi SAW dalam pandangan umat islam merupakan salah satu sumber ajaran islam. Secara struktural ia menduduki posisi kedua setelah al-Qur’an. Sedangkan secara fungsional ia merupakan bayan (penjelas) terhadap al-Qur’an. Ini artinya ia mempunyai posisi yang sangat signifikan dan strategis. Oleh sebab itu, kita sangat berkepentingan untuk menggali butir-butir ajaran islam yang terdapat dalam hadist-hadist. Terutama menggali hadist kemudian ditarik kesimpulan dari segi ketabiyahannya atau kependidikannya. Jarang sekali kita menganalisa sisi ketarbiyahan atau kependidikan  hadist – hadist nabi. Dalam penyusunan makalah ini, kami memfokuskan study hadist dari sisi ketarbiyahannya disertai dengan beberapa hal-hal yang berhubungan dengan ilmu hadist yakni takhrij, asbabun wurud dan syarah hadist.
Dan kami sengaja mengambil hadist nabi dari kitab  Riyadus Shalihin karya imam nawawi yang sudah tak asing lagi bagi kita khususnya para kaum sarungan. Untuk lebih jelasnya disini kami akan sedikit menerangkan hadist:
مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَبْتَغِي فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ الله لَهُ طَرِيْقًا اِليَ الجَنَّةِ, وَاِنَّ المَلاَئِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا لِطَالِبِ العِلْمِ رِضًا بِمَا صَنَعَ,  
“Idza tammal amru bada naqsuhu”dari pepatah ini, kami menyadari bahwa masih banyak hal-hal yang perlu diperbaiki lagi dalam penyusunan makalah ini. Karena kami merasa memilki banyak kekurangan dan keterbatasan. Maka dari itu, kami mohon saran-saran para pembaca untuk  meningkatkan kualitas penulisan kami di kemudian hari. Semoga bermanfaat. Syukron ala husni ihtimamikum.Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


BAB II
PEMBAHASAN
A.     Hadist

وعن أبي الدرداء رضي الله عنه قال : سَمِعْتُ رَسُوْلَ الله صلي الله عليه وسلم يَقُوْلُ : مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَبْتَغِي فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ الله لَهُ طَرِيْقًا اِليَ الجَنَّةِ, وَاِنَّ المَلاَئِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا لِطَالِبِ العِلْمِ رِضًا بِمَا صَنَعَ, وَاِنَّ العَالِمَ لَيَسْتَغْفِرُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ  وَمَنْ فِي الأَرْضِ حَتَّي الحِيْتَانُ فِي المَاءِ, وَفَضْلُ العَالِمِ عَلَي العَابِدِ كَفَضْلِ القَمَرِ عَلَي سَائِرِ الكَوَاكِبِ, وَاَنَّ العُلَمَاءَ وَرَثَةُ الأَنْبِيَاءَ, وَاِنَّ الأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوْا دِيْنَارًا وَلاَدِرْهَمًا, اِنَّمَا وَرَّثُوْا العِلْمَ, فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ. (رواه أبو داود والترمذي)[1]  
Dari Abu Darda’ r.a berkata: “Saya mendengar Rosulullah s.a.w. berkata : “Barang siapa yang menempuh jalan untuk menuntut ilmu maka Allah memudahkan baginya jalan ke sorga. Dan sesungguhnya malaikat membentangkan sayapnya untuk orang yang menuntut ilmu karena ridho dengan apa yang diperbuatnya, dan bahwasanya penghuni langit dan bumi sampai ikan yang ada dilautan itu senantiasa memintakan ampun kepada orang yang pandai. Keutamaan orang yang ‘alim terhadap orang yang ‘abid bagaikan keutamaan bulan purnama terhadap bintang-bintang. Sesungguhnya ulama’ itu adalah pewaris para nabi dan bahwasanya para nabi tidak akan mewariskan dinar ataupun dirham (kekayaan duniawi) tetapi para nabi mewariskan ilmu pengetahuan, maka barang siapa yang menuntut ilmu maka ia telah mengambil bagian yang sempurna. (Riwayat Abu Daud At Turmudzy)
B.     Biografi Rowi
Nama lengkapnya adalah Uwaimir bin Zaid bin Qais, seorang sahabat perawi hadist dari Anshar, dari kabilah Khajraj, ia hapal al-Quran dari Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam. Dalam perang Uhud Rasulullah bersabda mengenai dirinya “ Prajurit berkuda paling baik adalah Uwaimir” Beliau ini dipersaudarakan oleh Rasulullah dengan Salman Al Farisi. Dia mengikuti semua peperangan yang terjadi setelah perang Uhud. Pada masa pemerintahan Khalifah Utsman, Abu Darda’ diangkat menjadi Hakim di daerah Syam, Ia adalah mufti (pemberi fatwa) penduduk Syam dan ahli Fiqh penduduk Palestina. Ia meriwayatkan hadits dari Sayyidah Aisyah dan Zaid bin Tsabit, sedangkan yang meriwayatkan darinya ialah anaknya sendiri Bilal dan istrinya Ummu Darda’. Hadits yang dia riwayatkan mencapai 179 hadits. Tentang dia Masruq berkata:” Aku mendapatkan ilmu Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam pada enam orang diantaranya dari Abu Darda“.
Beliau adalah seorang yang zuhud (orang yang lebih mementingkan akhirat daripada dunia), dibawah ini adalah contohnya :
* Di waktu beliau sedang sakit, datanglah beliau untuk menjenguk. Ketika itu beliau sedang terbaring ditempat tidur. Lalu sahabat beliau menawarkan agar alas beliau diganti dengan kasur. Abu darda menjawab dengan isyarat telinjuknya :”Kampung kita yang disana, untuk itulah kita siapkan bekal, ke sanalah kita kembali. Kita akanberangkat kesana dan kita beramal untuk persiapan kita disana.”
* Yazid anak khalifah Muawiyah pernah melamar anak perempuannya, tapi ditolaknya. kemudian anaknya dilamar oleh seorang muslim shaleh, yang miskin, tapi diterimanya. Abu Darda’ lebih mengutamakan kesucian batin daripada kesucian lahir.  Pada masa Khalifah Usman, beliau pernah jadi hakim di Syiria. Demikianlah riwayat hidup ringkas sahabat Abu darda yang wafat di Damaskus pada tahun 32 H.[2]
C.      Takhrij Hadist
-         حدثنا محمود بن خداش البغدادي حدثنا محمد بن يزيد الواسطي حدثنا عاصم بن رجاء بن حيوة عن قيس بن كثير قال : قدم رجل من المدينة على أبي الدرداء وهو بدمشق فقال ما أقدمك يا أخي ؟ فقال حديث بلغني أنك تحدثه عن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال أماجئت لحاجة ؟ قال لا قال أما قدمت لتجارة ؟ قال لا قال ما جئت إلا في طلب هذا الحديث ؟ قال فإني سمعت رسول الله صلى الله عليه و سلم يقول من سلك طريقا يبتغي فيه علما سلك الله له طريقا إلى الجنة وإن الملائكة لتضع أجنحتها رضاء لطالب العلم وإن العالم ليستغفر له من في السموات ومن في الأرض حتى الحيتان في الماء وفضل العالم على العابد كفضل القمر على سائر الكواب إن العلماء ورثة الأنبياء إن الأنبياء لم يورثوا دينارا ولا درهما إنما ورثوا العلم فمن أخذ به أخذ بحظ وافر
 قال أبو عيسى ولا نعرف هذا الحديث إلا من حديث عاصم بن رجاء بن حيوة وليس هو عندي بمتصل هكذا حدثنا محمود بن خداش بهذا الاسناد
 وإنما يروي هذا الحديث عن عاصم بن رجاء بن حيوة عن الوليد بن جميل عن كثير بن قيس عن أبي الدرداء عن النبي صلى الله عليه و سلم وهذا أصح من حديث محمود ابن خداش ورأي محمد بن إسماعيل هذا أصح         قال الشيخ الألباني : صحيح[3]

-         حَدَّثَنَا مُسَدَّدُ بْنُ مُسَرْهَدٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ دَاوُدَ سَمِعْتُ عَاصِمَ بْنَ رَجَاءِ بْنِ حَيْوَةَ يُحَدِّثُ عَنْ دَاوُدَ بْنِ جَمِيلٍ عَنْ كَثِيرِ بْنِ قَيْسٍ قَالَ كُنْتُ جَالِسًا مَعَ أَبِى الدَّرْدَاءِ فِى مَسْجِدِ دِمَشْقَ فَجَاءَهُ رَجُلٌ فَقَالَ يَا أَبَا الدَّرْدَاءِ إِنِّى جِئْتُكَ مِنْ مَدِينَةِ الرَّسُولِ -صلى الله عليه وسلم- لِحَدِيثٍ بَلَغَنِى أَنَّكَ تُحَدِّثُهُ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- مَا جِئْتُ لِحَاجَةٍ. قَالَ فَإِنِّى سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَطْلُبُ فِيهِ عِلْمًا سَلَكَ اللَّهُ بِهِ طَرِيقًا مِنْ طُرُقِ الْجَنَّةِ وَإِنَّ الْمَلاَئِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضًا لِطَالِبِ الْعِلْمِ وَإِنَّ الْعَالِمَ لَيَسْتَغْفِرُ لَهُ مَنْ فِى السَّمَوَاتِ وَمَنْ فِى الأَرْضِ وَالْحِيتَانُ فِى جَوْفِ الْمَاءِ وَإِنَّ فَضْلَ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ وَإِنَّ الْعُلَمَاءَ وَرَثَةُ الأَنْبِيَاءِ وَإِنَّ الأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلاَ دِرْهَمًا وَرَّثُوا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ ».[4]

-         حدثنا نصر بن علي الجهضمي . حدثنا عبد الله بن داود عن عاصم بن رجاء بن حيوة عن داود بن جميل عن كثير بن قيس قال : - كنت جالسا عند أبي الدرداء في مسجد دمشق . فأتاه رجل فقال يا أبا الدرداء أتيتك من المدينة مدينة رسول الله صلى الله عليه و سلم لحديث بلغني أنك تحديث به عن النبي صلى الله عليه و سلم . قال فما جاء بك تجارة ؟ قال لا . قال لا . قال ولا جاء بك غيره ؟ قال لا . قال فإني سمعت رسول الله صلى الله عليه و سلم يقول ( من سلك طريقا يلتمس فيه علما سهل الله له به طريقا إلى الجنة . وإن الملائكة لتضع أجنحتها رضا لطالب العلم . وإن طالب العلم يستغفر له من في السماء والأرض . حتى الحيتان في الماء . وإن فضل العالم على العابد كفضل القمر على سائر الكواكب . أن العلماء ورثة الأنبياء لم يورثوا دينارا ولا درهما . إنما ورثوا العلم . فمن أخذه أخذ بحظ وافر )[5]

D.     Asbabul wurud
حدثنا محمود بن خداش البغدادي حدثنا محمد بن يزيد الواسطي حدثنا عاصم بن رجاء بن حيوة عن قيس بن كثير قال : قدم رجل من المدينة على أبي الدرداء وهو بدمشق فقال ما أقدمك يا أخي ؟ فقال حديث بلغني أنك تحدثه عن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال أماجئت لحاجة ؟ قال لا قال أما قدمت لتجارة ؟ قال لا قال ما جئت إلا في طلب هذا الحديث ؟ قال فإني سمعت رسول الله صلى الله عليه و سلم يقول من سلك طريقا يبتغي فيه علما سلك الله له طريقا إلى الجنة وإن الملائكة لتضع أجنحتها رضاء لطالب العلم وإن العالم ليستغفر له من في السموات ومن في الأرض حتى الحيتان في الماء وفضل العالم على العابد كفضل القمر على سائر الكواب إن العلماء ورثة الأنبياء إن الأنبياء لم يورثوا دينارا ولا درهما إنما ورثوا العلم فمن أخذ به أخذ بحظ وافر.
Qois bin katsir berkata: telah datang seorang laki-laki dari kota Madinah pada Abu darda’yang berada di dimaskus. Abu darda’ bertanya: “ wahai saudaraku, gerangan apa yang membuatmu datang kepadaku?” Laki-laki itu menjawab; “sebuah hadist yang membuatku datang kepadamu bahwa engkau telah mendapatkan hadist dari rosulullah”. Abu darda’ bertanya lagi; “apakah kamu datang untuk suatu hajat?”. Dia menjawab, “tidak”. Ataukah kamu datang untuk bergadang?. Sekali lagi dia menjawab, “tidak”. Apakah kamu datang hanya untuk mencari hadist ini? Kemudian abu darda’ berkata: bahwasanya “Saya mendengar Rosulullah s.a.w. berkata : “Barang siapa yang menempuh jalan untuk menuntut ilmu maka Allah memudahkan baginya jalan ke sorga. Dan sesungguhnya malaikat membentangkan sayapnya untuk orang yang menuntut ilmu karena ridho dengan apa yang diperbuatnya, dan bahwasanya penghuni langit dan bumi sampai ikan yang ada dilautan itu senantiasa memintakan ampun kepada orang yang pandai. Keutamaan orang yang ‘alim terhadap orang yang ‘abid bagaikan keutamaan bulan purnama terhadap bintang-bintang. Sesungguhnya ulama’ itu adalah pewaris para nabi dan bahwasanya para nabi tidak akan mewariskan dinar ataupun dirham (kekayaan duniawi) tetapi para nabi mewariskan ilmu pengetahuan, maka barang siapa yang menuntut ilmu maka ia telah mengambil bagian yang sempurna[6]

E.      Syarah Hadist
Hadist ini menunjukkan bahwa orang yang mencari ilmu dalam kebaikaan  yang agung, bagi  Mereka yang memperbaiki niatnya dalam mencari ilmu berada pada jalan keselamatan dan kebahagiaan yakni hanya berharap kepada Allah, bertujuan untuk mengamalkan ilmu tidak untuk riya’ dan sam’ah atau untuk tujuan-tujuan yang lain sekiranya buruk.
Mempelajari ilmu untuk mengetahui agama, mengetahui perkara yang telah diwajibkan oleh Allah serta berusaha untuk  mengeluarkan masyarakat dari kedhaliman menuju kebenaran. Semua jalan yang ditempuh untuk mencari ilmu adalah jalan menuju surga baik jalan yang sifatnya hissi (bisa diindra) ataupun yang sifatnya ma’nawi (non indrawi). Seorang yang mencari ilmu pergi dari satu negara ke negara yg lain, berpindah dari satu halaqoh ke halaqoh yang lain, dari masjid ke masjid yang lain dengan tujuan mencari ilmu. Semua itu tadi adalah jalan-jalan untuk mendapatkan ilmu.
Kalimat “jalan untuk menuntut ilmu” mengandung dua makna, yaitu: pertama, menempuh jalan untuk menuntut ilmu dalam artian yang sebenarnya, seperti berjalan kaki menuju majelis-majelis ilmu. Kedua, menempuh jalan atau cara yang dapat mengantarkan seseorang untuk memperoleh ilmu syar’i, seperti membaca, menghapal, menela’ah, dan sebagainya. Sedangkan kalimat “Allah memudahkan jalannya menuju Surga” mengandung dua makna juga, yaitu pertama, Allah akan memudahkan orang yang menuntut ilmu semata-mata karena mencari keridhaan Allah, mengambil manfaat, dan mengamalkannya, untuk memasuki Surga-Nya. Dan kedua, Allah akan memudahkan jalan baginya menuju Surga ketika melewati titian ash-shirathal mustaqim pada hari Kiamat dan memudahkannya dari berbagai kengerian pada sebelum dan sesudahnya. [Lihat Jami’ul ‘Ulum wal Hikam (II/297, Qawa’id wa Fawa’id minal Arba’in An-Nawawiyyah (hal. 316-317), dan Menuntut Ilmu Jalan Menuju Surga (hal. 8-9)]
Jalan menuju Surga yang diperuntukkan bagi para penuntut ilmu ini merupakan ganjaran dari Allah akibat usaha yang pernah ditempuhnya selama di dunia untuk mencari ilmu yang akan mengantarkannya kepada ridha Rabbnya. Sedangkan para Malaikat yang membentangkan sayap-sayapnya merupakan suatu bentuk kerendahan hati, penghormatan, dan pengagungan mereka kepada para penyandang dan para pencari martabat pewaris kenabian ini.     Sementara permohonan ampun yang dilakukan oleh para penghuni langit dan bumi untuk orang yang berilmu, disebabkan karena upaya mereka untuk mengajarkan hak-hak makhluk hidup yang telah diciptakan Allah ‘Azza wa Jalla. Dan upaya ini tidak mungkin terwujud kecuali dengan ilmu. [Lihat Bahjatun Nazhirin (II/469-470) dan Syarah Riyadhush Shalihin Terjemah (IV/301-302)][7]
F.       Tahlil Lafdzi
)من سلك ) ‏‏: أي دخل أو مشى ‏( يَبْتَغِي فِيهِ( أَيْ قَرِيبًا أَوْ بَعِيدً (( عِلْمًا   (أَيَّ عِلْمٍ كَانَ مِنْ عُلُومِ الدِّينِ قَلِيلًا أَوْ كَثِيرًا رَفِيعًا أَوْ غَيْرَ رَفِيعٍ( لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا ) جَمْعُ جَنَاح  
   جَمْعُ الْحُوتِ خُصَّ لِدَفْعِ إِيهَامِ أَنَّ مَنْ فِي الْأَرْضِ لَا يَشْمَلُ مَنْ فِي الْبَحْرِ كَذَا قِيلَ ( حَتَّى الْحِيتَانُ )  
(lafadz ini dikhususkan untuk menolak kesalah fahaman bahwa segala makhluq yang ada di bumi tidak akan bisa mampu meliputi makhluq allah yang ada didalam dasar laut).
‏( وَفَضْلُ الْعَالِمِ )   أَيْ الْغَالِبُ عَلَيْهِ الْعِلْمُ وَهُوَ الَّذِي يَقُومُ بِنَشْرِ الْعِلْمِ بَعْدَ أَدَائِهِ مَا تَوَجَّهَ إِلَيْهِ مِنْ الْفَرَائِضِ وَالسُّنَنِ الْمُؤَكَّدَةِ   
(Orang yang berilmu adalah mereka yang berjuang menyebarkan ilmu setelah melaksanakan ilmu  yang ia peroleh diantara yakni, mengerjakan fardhu-fardhu dan sunnah-sunnah muakkad).
( عَلَى الْعَابِدِ ) أَيْ الْغَالِبِ عَلَيْهِ الْعِبَادَةُ وَهُوَ الَّذِي يَصْرِفُ أَوْقَاتَهُ بِالنَّوَافِلِ مَعَ كَوْنِهِ عَالِمًا بِمَا تَصِحُّ بِهِ الْعِبَادَةُ
(Orang yang ahli ibadah yakni mereka yang menghabiskan semua waktunya untuk mengerjakan ibadah-ibadah sunnah serta mereka mengetahui perkara-perkara yang menyebabkan sahnya ibadah).
  ( كَفَضْلِ الْقَمَرِ ) أَيْ لَيْلَةَ الْبَدْرِ كَمَا فِي رِوَايَةٍ( عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ )  قَالَ الْقَاضِي : شَبَّهَ الْعَالِمَ بِالْقَمَرِ وَالْعَابِدَ بِالْكَوَاكِبِ لِأَنَّ كَمَالَ الْعِبَادَةِ وَنُورَهَا لَا يَتَعَدَّى مِنْ الْعَابِدِ وَنُورُ الْعَالِمِ يَتَعَدَّى إِلَى غَيْرِهِ            
(Al-qodhi berkata: orang yang ‘alim diserupakan seperti bulan. Karena, cahayanya orang yang berilmu /“alim” yang menjalar kepada orang lain Sedang, orang yang ahli ibadah seperti bintang-bintang, Karena kesempurnaan ibadah dan cahayanya tidak menjalar kepada orang lain).
( دِينَارًا وَلَا دِرْهَمًا )   أَيْ شَيْئًا مِنْ الدُّنْيَا , وَخُصَّا لِأَنَّهُمَا أَغْلَبُ أَنْوَاعِهَا وَذَلِكَ إِشَارَةٌ إِلَى زَوَالِ الدُّنْيَا وَأَنَّهُمْ لَمْ يَأْخُذُوا مِنْهَا إِلَّا بِقَدْرِ ضَرُورَتِهِمْ فَلَمْ يُوَرِّثُوا شَيْئًا مِنْهَا لِئَلَّا يُتَوَهَّمَ أَنَّهُمْ كَانُوا يَطْلُبُونَ شَيْئًا مِنْهَا يُورَثُ عَنْهُمْ     
Yakni: harta dunia
(Lebih khususnya pada dirham dan dinar karena keduanya inti dari berbagai macamnya harta dunia. Lafadz diatas menunjukkan akan hilangnya harta dunia. Dan mereka tidak akan mengambilnya kecuali dalam keadaan membutuhkan. Oleh karnanya, para nabi tidak mewariskan harta dunia, agar tidak terjadi kesalahfahaman bahwa mereka para nabi mencari harta dunia dan kemudian mewariskannya).       
     ( فمن أخذه ) أي أخذ العلم من ميراث النبوة   )أخذ بحظ ) أي بنصيب( وافر ) ‏ كثير كامل          [8]  .                                                                                                              
G.     Fiqhul Hadist

1.      Barang siapa yang menempuh jalan untuk menuntut ilmu maka Allah memudahkan baginya jalan ke sorga[9]
2.      Orang yang menempuh perjalanan mencari ilmu sama dengan menempuh perjalanan kesurga
3.      Orang yang berilmu/ilmuwan adalah pewaris para Nabi.
4.      Lebih  utama  orang yang berilmu dari pada ahli ibadah karena orang yang berilmu memberikan manfaat tidak hanya untuk dirinya tapi juga untuk orang lain. Sebagaimana qoidah المتعدي افضل من القاصر [10]
5.      Segala urusan akan dimudahkan bagi tholabul ilmi
6.      Orang yang mencari ilmu/ berpegangan pada ilmu akan mendapatkan bagian dari warisan para Nabi itu secara sempurna.
7.      Regenerasi sangat penting dalam dunia pendidikan
8.      Ilmu pengetahuan akan terus berkembang selama manusia mau menuntut ilmu.
9.      Jauhnya jarak mengindikasikan keseriusan seseorang dalam mencari ilmu.
10.  Pembelajar harus senantiasa aktif atau tidak boleh pasif dalam mencari ilmu
11.  Lebih baik berilmu dari pada berharta. Karena, kita yang harus menjaga harta sebaliknya, ilmu yang akan menjaga kita.
12.  Niat seorang pembelajar sangat mempengaruhi pada keberhasilan dan kemanfaatan ilmu.
13.  Orang yang berilmu selamanya akan dikenang, karena dari mereka segala ilmu akan ditranformasikan.
14.  Penghormatan yang  berbeda antara orang yang berilmu dan tidak berilmu.
15.  Keberhasilan seseorang dalam pendidikan tidak hanya meliputi ranah Kognitif, afektif, psikomotor akan tetapi juga berkarakter.

BAB III
PENUTUP
a.      Kesimpulan
Hadist ini menunjukkan bahwa orang yang mencari ilmu dalam kebaikaan  yang besar/agung.bagi  Mereka yang memperbaiki niatnya dalam mencari ilmu berada pada jalan keselamatan dan kebahagiaan yakni hanya berharap kepada Allah, bertujuan untuk mengamalkan ilmu tidak untuk riya’ dan sam’ah atau untuk tujuan-tujuan yang lain sekiranya buruk.
Jalan menuju Surga yang diperuntukkan bagi para penuntut ilmu ini merupakan ganjaran dari Allah akibat usaha yang pernah ditempuhnya selama di dunia untuk mencari ilmu yang akan mengantarkannya kepada ridha Rabbnya. Sedangkan para Malaikat yang membentangkan sayap-sayapnya merupakan suatu bentuk kerendahan hati, penghormatan, dan pengagungan mereka kepada para penyandang dan para pencari martabat pewaris kenabian ini.     Sementara permohonan ampun yang dilakukan oleh para penghuni langit dan bumi untuk orang yang berilmu, disebabkan karena upaya mereka untuk mengajarkan hak-hak makhluk hidup yang telah diciptakan Allah ‘Azza wa Jalla. Dan upaya ini tidak mungkin terwujud kecuali dengan ilmu.
b.     Saran dan Kritik
Alhamdulillah, berkat taufiq dan hidayahNya penulisan makalah ini telah kami selesaikan. Kami menyadari bahwa penulisan ini mengalami banyak kekurangan, karena kami masih dalam tataran ta’alum. Oleh karena itu kami mohon saran jika terdapat kekeliruan dalam penjelasan makalah ini, demi peningkatan pengetahuan kami sebagai mahasiswa. Semoga makalah ini dapat  bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi pembaca. Wallahu’alam. . .





Daftar Pustaka
Kamus Al-Munawwir,
Riyadus Sholihin, Imam Abu Zakariya, Yahya bin Syaraf An Nawawy,
Maktabah Syamilah:
 [ سنن الترمذي ] الكتاب : الجامع الصحيح سنن الترمذي المؤلف : محمد بن عيسى أبو عيسى الترمذي السلمي الناشر : دار إحياء
التراث العربي – بيروت تحقيق : أحمد محمد شاكر وآخرون عدد الأجزاء : 5

[ سنن الترمذي ] الكتاب : الجامع الصحيح سنن الترمذي المؤلف : محمد بن عيسى أبو عيسى الترمذي السلمي الناشر : دار إحياء التراث العربي – بيروت تحقيق : أحمد محمد شاكر وآخرون عدد الأجزاء : 5

)الكتاب : سنن ابن ماجه المؤلف : محمد بن يزيد أبو عبدالله القزويني الناشر : دار الفكر – بيروت تحقيق : محمد فؤاد عبد الباقي عدد الأجزاء : 2(




http://www.yanabi.com/Hadith.aspx?HadithID=15175
من كتاب عون المعبود شرح سنن أبي داود - عن موقع موسوعة الحديث النبوي







[1] Riyadus Sholihin, Imam Abu Zakariya, Yahya bin Syaraf An Nawawy, Semarang (Toha Putra: 1981) hal 283
[3] Maktabah Syamilah                                                                                                                                              
[ سنن الترمذي ] الكتاب : الجامع الصحيح سنن الترمذي المؤلف : محمد بن عيسى أبو عيسى الترمذي السلمي الناشر : دار إحياء التراث العربي – بيروت تحقيق : أحمد محمد شاكر وآخرون عدد الأجزاء : 5



[4] Maktabah Syamilah                                                                                                                                              
)الكتاب : سنن أبي داود المؤلف : أبو داود سليمان بن الأشعث السجستاني الناشر : دار الكتاب العربي ـ بيروت عدد الأجزاء : 4(

[5] Maktabah Syamilah                                                                                                                                       
)الكتاب : سنن ابن ماجه المؤلف : محمد بن يزيد أبو عبدالله القزويني الناشر : دار الفكر – بيروت تحقيق : محمد فؤاد عبد الباقي عدد الأجزاء : 2(


[6] Maktabah Syamilah
[ سنن الترمذي ] الكتاب : الجامع الصحيح سنن الترمذي المؤلف : محمد بن عيسى أبو عيسى الترمذي السلمي الناشر : دار إحياء التراث العربي – بيروت تحقيق : أحمد محمد شاكر وآخرون عدد الأجزاء : 5


[8] http://www.yanabi.com/Hadith.aspx?HadithID=15175
من كتاب عون المعبود شرح سنن أبي داود - عن موقع موسوعة الحديث النبوي
[9] Riyadus Sholihin, Imam Abu Zakariya, Yahya bin Syaraf An Nawawy, Semarang (Toha Putra: 1981) hal 283
[10] http://www.yanabi.com/Hadith.aspx?HadithID=15175
من كتاب عون المعبود شرح سنن أبي داود - عن موقع موسوعة الحديث النبوي

2 comments: